RSS

Jenjang Sistem Diklat Anggota Dewasa (Bag.2)

04 Mar

Kursus Pelatih Pembina Pramuka

adalah kursus untuk menyiapkan tenaga Pelatih Pembina Pramuka. Kursus ini terdiri atas dua jenjang yaitu Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar  dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan.

1) Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar disingkat (KPD).

KPD adalah jenjang pertama dari Kursus Pelatih Pembina Pramuka. Peserta kursus adalah Pembina Pramuka Mahir  (KML) serta mempunyai bakat dan minat untuk menjadi pelatih dan mendapat rekomendasi dari Kwarcabnya.

Naratama I

Merupakan masa pengembangan bagi lulusan KPD, setelah menyelesaikan Kursus Pembina Dasar , memiliki melaksanakan kewajiban tugas-tugas Pelatih Pembina minimal 6 bulan sesuai ketentuan berlaku

2) Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan disingkat (KPL).

KPL adalah jenjang kedua dari Kursus Pelatih Pembina Pramuka. Peserta kursus adalah lulusan  KPD, aktif sebagai pelatih sedikitnya 3 kali melatih KMD/KML,  memiliki Surat Hak Latih (SHL) dan mendapat rekomendasi dari Kwarcabnya serta pernah bertugas di bidang administrasi pendidikan/Kepramukaan.

Naratama II

Merupakan masa pemantapan bagi lulusan KPL, setelah menyelesaikan Kursus Pembina  Lanjutan , memiliki melaksanakan kewajiban tugas-tugas Pelatih Pembina minimal 6 bulan sesuai ketentuan berlaku

Skema Penjenjangan KPD dan KPL:

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 4, 2012 inci Uncategorized

 

Tinggalkan komentar